RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Status
Pendidikan      : MA
Kelas /
Semester          : X/Ganjil
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Jumlah
Pertemuan     : 1 kali pertemuan (2x45
Menit)
Alokasi Waktu            : 1 jam Pelajaran (2X 45 Menit)
A.      
STANDAR
KOMPETENSI :
2.     
Memahami
Tauhid
B.       
KOMPETENSI
DASAR  :
2.1 
Menjelaskan
Pengertian Tauhid dan istilah-istilah 
2.2 
Menjelaskan
Macam-Macam Tauhid
2.3 
Menunjukkan
Perilaku Orang Yang Bertauhid
2.4 
Menerapkan
Perilaku Tauhid dalam kehidupan sehari-hari
C.      
INDIKATOR
2.1.1 
Mengidentifikasikan
pengertian tauhid
2.1.2 
Menyebutkan
istilah-istilah tauhid
2.1.3 
Membandingkan
pengertian tauhid dan aqidah
2.2.1 
Menyebutkan
macam-macam tauhid
2.2.2 
Menjelaskan
pengertian macaam-macam tauhid
2.2.3 
Mencari
dalil tentang macam-macam tauhid
2.3.1 
Mengidentifikasi
perilaku
tokoh orang yang bertauhid
2.3.2 
Menunjukkan
ciri-ciri orang yang bertauhid
2.3.3 
Menunjukkan
contoh-contoh orang yang bertauhid
2.4.1 
Meneladani
orang yang bertauhid
2.4.2 
Menunjukkan
akibat bagi orang yang tidak bertauhid
2.4.3 
Menunjukkan
hikmah bagi orang yang bertauhid
D.   
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.     
Siswa
mampu mengidentifikasi pengertian tauhid
2.     
Siswa
mampu menyebutkan istilah-istilah tauhid
3.     
Siswa
mampu membandingkan pengertian Tauhid, Aqidah dan Ushuluddin
4.     
Siswa
mampu menyebutkan macam-macam tauhid
5.     
Siswa
mampu menjelaskan pengertian macam-macam tauhid
6.     
Siwa
mampu mencari dalil tentang macam-macam tauhid
7.     
Siswa
mampu mengidentifikasi perilaku
tokoh-tokoh orang yang bertauhid
8.     
Siswa
mampu menunjukkan ciri-ciri orang yang berperilaku
tauhid
9.     
Siswa
mampu menunjukkan contoh-contoh orang yang berperilaku
tauhid
10. 
Siswa
mampu meneladani orang-orang yang berperilaku
Tauhid
11. 
Siswa
mampu menunjukkan akibat bagi orang yang tidak bertauhid
12. 
Siswa
mampu menunjukkan hikmah bagi orang yang bertauhid
E. 
MATERI
AJAR :
1.     
Makna
Tauhid dan istilah-istilahnya
a)     
Ushuluddin
b)     
Aqidah
c)     
Ilmu
kalam
2.     
Macam-macam
tauhid
a)     
Uluhiyah
b)     
Rububiyah
c)     
Mulkiyah
d)    
Rahmaniyah
3.     
Ciri-ciri
orang yang bertauhid
4.     
Hikmah
bagi orang yang bertauhid
F. 
METODE
:
·        
Ceramah
·        
Tanya
Jawab
·        
Diskusi
G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :
| 
   
NO 
 | 
  
   
KEGIATAN  
 | 
  
   
WAKTU 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Pendahuluan 
a.       Guru mengucapkan salam  
b.      Guru dan siswa membuka pelajaran dengan basmalah  
c.       Guru berkomunikasi dan menanyakan kabar siswa  
d.      Guru mengabsen siswa  
e.      Guru menyampaikan tujuan atau peta konsep pembelajaran dan pengenalan
   
 | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Kegiatan inti  
 | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
a.       Guru menampilkan video tentang  ciri-ciri orang yang
  berperilaku tauhid 
b.     
  Guru meminta
  siswa untuk menganalisis video yang di tampilkan 
c.      
  Guru memperjelas ciri orang
  yang berperilaku tauhid dari video 
d.     
  Guru
  menunjukkan contoh-contoh orang yang berperilaku tauhid 
e.      
  Tanya jawab
  awal tentang  pengertian tauhid dan
  makna-makna tauhid 
f.      
  Guru
  menyebutkan istilah-istilah tauhid 
g.     
  Guru
  menjelaskan perbandingan pengertian aqidahdan tauhid 
h.     
  Guru
  menyebutkan macam-macam tauhid 
i.       
  Guru menjelaskan
  macam-macam tauhid 
j.       
  Guru
  menjelaskan dalil tentang macam-macam 
  tauhid 
k.     
  Guru
  menjelaskan Hikmah bagi orang yang bertauhid 
l.       
  Guru
  menjelaskan akibat bagi orang yang tidak bertauhid 
m.   
  Guru
  menampilkan video tentang hikmah bagi orang yang bertauhid 
n.     
  Guru
  menjelaskan hikmah bagi orang yang bertauhid 
o.     
  Siswa
  mendiskusikan hikmah dan contoh bagi orang yang bertauhid dan bagi yang tidak
  bertauhid 
 | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Kegiatan penutup 
a.      
  Guru mengadakan
  refleksi terhadap pembelajaran yang telah di laksanakan 
b.     
  Guru
  menanyakan kepada siswa kesimpulan tentang Tauhid 
c.      
  Guru membuat
  quiz cepat untuk siswa sebagai penutup 
d.      Guru dan ssiswa menutup pelajaran dengan hamdalah dan do’a
  bersama-sama 
 | 
  
   | 
 
E. Sumber belajar :
·        
Internet dan intranet
·        
Buku paket Aqidah akhlak
·        
LKS Aqidah Akhlak
·        
LCD 
·        
Dll
F. Penilaian 
| 
   
NDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
 | 
  
   
TEHNIK PENILAIAN  
 | 
  
   
BENTUK PENILAIAN  
 | 
  
   
CONTOH INDTRUMEN 
 | 
 
| 
   
Menyebutkan ciri-ciri orang yang bertauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab Singkat 
 | 
  
   
Sebutkan bagaimana ciri-ciri orang yang bertauhid! 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan contoh-contoh oramg yang berperilaku Tauhid 
 | 
  
   
Tes tulis  
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
Bagaimana contoh orang yang berperilaku tauhid menurut kalian? 
 | 
 
| 
   
Mengidentifikasikan pengertian Tauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Jelaskan Pengertian Tauhid! 
 | 
 
| 
   
Mnyebutkan istilah-istilah Tauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Sebutkan istilah-istilah bertauhid 
 | 
 
| 
   
Menyebutkan macam-macaam Tauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Sebutkan macam-macam tauhid 
 | 
 
| 
   
Mencari dalil yang berkaitan dengan macaam-maacaam tauhid 
 | 
  
   
Tes TULIS 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Carilah dalil yang berkaitan dengan macam-macam tauhid 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan Hikmah bagi orang-orang yang bertauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Apa hikmah bagi orang yang bertauhid 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan akibat bagi orang ang tidak bertauhid 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
Jawab singkat 
 | 
  
   
Apa akibat bagi orang yang tidak bertauhid 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar